Senin, 08 April 2013

Analisa Gejala Suara Mesin Kasar


1. Suara kasar timbul dari bagian depan mesin (seputar head dan silinder blok)
suara kasar berlebih terkadang timbul akibat dari pemakain abnormal kendaraan atau memang karena umur dari mesin itu sendiri. hal – hal yang perlu diperhatikan adalah :
  • Cek volume oli mesin, apakah masi wajar kekentalannya atau oli berkurang banyak
  • Selain itu perlu diperhatikan adalah, kerenggangan dari celah klep itu sendiri, karena setiap pabrikan kendaraan memiliki standar celah klep masing – masing. Biasanya celah klep terlalu longgar sehingga berakibat mesin kasar dan cepat panas
  • Keteng, ya itu merupakan rantai mesin, biasanya keteng longgar akan berakibat suara mesin menjadi kasar, hati – hati, karena hal ini akan berdampak kepada keteng lepas atau loncat saat mesin bekerja ekstra akibat keteng longgar
  • Yang terparah adalah, suara kasar akibat dari klep dan bosh klep yang sudah aus, biasanya ini perlu di tindaklanjuti dengan membawa kendaraan anda ke bengkel kepercayaan anda untuk di bongkar mesinnya.
2. Suara kasar atau anomali terjadi di bagian sebelah kanan mesin
Hal ini perlu diperhatikan adalah, suara aneh seperti ada sesuatu yang lepas atau longgar, biasanya suara ini ditimbulkan dari rumah kopling yang sudah aus karetnya, atau bisa juga akibat dari laher girbox yang sudah aus atau bisa juga dari rumah kopling sentrifugal. Jikalau motor ngeden atau gak ada tenaganya, bagi motor dengan kopling ganda, biasanya akibat dari sepatu kopling ganda yang habis atau aus, malah bisa juga dari mangkok koplingnya yang sudah aus.
3. Suara Kasar Timbul saat kondisi mesin dingin
Kalo ini, akibat dari tensioner keteng yang sudah aus, jika ini perlu dilihat, apakah tensioner keteng atau L.A.T nya yang aus, apakah karet tensionerya yang habis, atau bisa juga ketengnya perlu diganti juga…
4. Kok setelah 3 bulan ganti keteng, suara berisik muncul kembali saat mesin dingin?
nah, kalo mengalami hal seperti ini, jangan sesumbar dulu dan menjudge sparepart jelek. Biasanya, kita ganti keteng hanyalah ganti keteng saja….hal ini justru berakibat dari tidak optimalnya dan awet dari keteng tersebut, maka apabila bro or sis’t disini jangan heran jika suara berisik dari keteng timbul dengan jarak waktu yang relatif singkat. Adapun sebaiknya, apabila kita ganti keteng, maka diusahakan sekaligus dengan ganti rol tensionernya, atau lidah tensionernya dan juga L.A.T nya…meskipun kita menilai bahwa komponen tersebut masih layak, namun umur dari komponen tersebut sudah aus dan sebaiknya di ganti menjadi satu paket….
5. Suara kasar seperti ada gesekan dari bagian blok seher
Jika ini terjadi, segeralah cek kendaraan anda ke bengkel terdekat atau bengkel kesayangan anda untuk di cek lebih lanjut. Untuk menggeneralisasikan akibat suara tersebut adalah, seher dan ring nya sudah aus ataustang sehernya oblak sehingga suara kasar tidak terelakkan dan sangat mengganggu tentunya.

Tidak ada komentar: