Rabu, 12 Desember 2012

Cara Pasang Bracket Box & Base Plate pada motor

Banyak beredar merk box motor baik tailbox maupun sidebox dengan berbagai jenis dan ukuran. Biasanya bikers memilih dan membeli box lalu langsung dipasangkan oleh orang toko dimana box itu dibeli supaya tidak repot. Tapi memasang box tidak sesulit kelihatannya, jadi bro and sis bisa lakukan sendiri di rumah dengan catatan semua peralatan kerjanya tersedia ya…
Berikut adalah cara memasang box yang umum dilakukan oleh semua bengkel/individu. Perlu diingat bahwa meski setiap merk box memiliki kelengkapan dalam bentuk yang berbeda, namun pada dasarnya metode pemasangannya tidak jauh berbeda. Contoh pemasangan dilakukan pada Yamaha Scorpio produksi 2010, namun prinsipnya tidak jauh berbeda dengan motor lain.
Kelengkapan
1. Box,  Base Plate dan mur baut (biasanya sudah tersedia satu paket)
2. Bracket, dibeli terpisah sesuai type motor masing-masing.
Khusus untuk bracket, terdapat banyak model untuk satu type motor, jadi bro and sis harus tahu dulu ‘anatomi’ motornya sehingga tidak membeli bracket yang kurang cocok meskipun sudah diperuntukkan buat motornya. Kasus yang umum terjadi adalah dudukan baut bracket tidak pas waktu dipasang di motornya. Yang perlu jadi perhatian lain saat membeli bracket adalah material dari bracket itu sendiri. Pilih yang bahannya keras dan kaku, jangan pilih yang lentur. Bisa dicek kelenturannya dengan tangan atau saat bracket sudah terpasang di motor silahkan tes dengan ditekan-tekan. Apabila melentur, maka kurang bagus, karena nanti saat di perjalanan membawa beban box, akan ‘kental kentul’. Tapi bila setelah dipasang di motor dan dites kelenturannya dia kaku/rigid, itu yang bagus.
Tahap Pemasangan
Siapkan toolkit, biasanya kunci L, kunci pas .
pio1
Gambar 1.pio2
Buka behel belakang dan letakkan dudukan bracket sesuai dengan posisi lubang mur. Kencangkan. Biarkan plat pegangan menggantung tanpa perlu diselipkan kebawah rumah pengunci jok.

pio3

Gambar 2.
Pasang jok kembali, tekan bagian belakang jok sampai terdengar bunyi klik (terkunci). Plat pegangan yang menggantung secara langsung akan tertekan oleh jok. Bila semua pemasangan sesuai, pastinya kondisi bracket akan kokoh.

pioplate

Gambar 3.
Letakan Base Plate (tatakan box) diatas bidang bracket yang telah kokoh terpasang. Susun plat pengikat base plate dari bawah, dan kencangkan. Bila semua sesuai, base plate akan kokoh diatas bidang bracket.
Selesai..!

Bila memasang box yang terdapat stoplight, atur jalur kabel stoplight dari bawah base plate dan sambungkan (bisa ke) kabel switch brake, atau lampu senja yang kabelnya terdapat di samping kanan bodi.
Oh ya, bracket ini hanya salah satu contoh yang dipasang dengan cara menekan plat pegangan dengan jok dengan pengencang yang hanya ada di lubang behel (2 baut). Ada type lainnya yang memiliki total 4 baut pengencang selain 2 baut yang di lubang behel tadi yang mana jelas lebih kuat dan kokoh. Penempatan baut biasanya di plat tempat pengunci jok (di bor). Jadi terserah Anda mau pilih yang mana…

Sumber : http://motodet.wordpress.com

Tidak ada komentar: