Kamis, 21 Maret 2013

Tips Nambal Ban Tubeless pada Motor

Sobat blogger pasti pernah donk mengalami kebocoran di ban motor, entah karena terkena paku atau yang lainnya, pasti sangat menjengkelkan apalagi kalau tempat tukang tambal bannya jauh. pasti capek buat dorong motornya, haduwhhhhh -_-.....
berikut ada beberapa tips buat nambal ban motor sendiri kalau emang kondisi lagi mendesak, apalagi yang jauh dari pemukiman warga.
1. Alat Tubeless

Alat Tubeless
Ket : Harga Tubeless Tool ini sekitar 20-35rb.
2. Pompa Motor ( Aa Ikhwan Blog Menggunakan pompa sepeda :D )
Caranya :
1. Cari lubang yang bocor karena ranjau paku, kalau pakunya masih nempel lebih kelihatan tapi kalau bocornya halus bisa digunakan air sabun yang dioleskan dengan kuas ke seluruh permukaan ban sampai terlihat ada gelembung-gelembung udara yang menandakan disitulah yang bocor.

Paku Yang tertancap di Ban
2. Cabut Paku tersebut dengan menggunakan tang

Cabut Paku dengan Tang
3. Masukkan dan tekan Besi ber-ulir ke dalam lubang yang tertancap paku

Masukkan Besi Ber-ulir
4. Masukkan karet penambal ke besi penambal ban, dan masukkan besi penambal beserta karet penambalnya ke dalam lubang dengan sedikit ditekan.

Masukkan besi dan karet Penambal
5. Cabut perlahan-lahan besi penambalnya dengan sedikit diputar pelan-pelan agar karet penambalnya tidak ikut ketarik ke luar kembali.

Cabut Besi Penambal
6. Potong atau rapikan sisa karet penambal di ban

Potong dan rapikan sisa karet penambal
7. Pompa ban dengan menggunakan pompa, di sini Aa Ikhwan Blog tidak punya ban motor jadi pakai pompa sepeda dan lumayan lah terisi, walaupun tidak full tapi cukup untuk jalan ke tempat tukang pompa
 ban :D




 

Sumber : http://aaikhwan.wordpress.com

Tidak ada komentar: