Minggu, 03 Maret 2013

Yamaha R Series

Yamaha YZF R1

Yamaha R1
Yamaha sudah menyiapkan detail motor sport terbarunya yang akan dilepas 2012 mendatang. Adalah Yamaha R1 2012 yang disiapkan pabrikan asal Jepang tersebut. Sayang Yamaha hanya membocorkan warna baru, bukan spesifikasi motor.

Name:  Yamaha YZF R1.jpg
Views: 3107
Size:  44.6 KB

Pilihan warna diperbarui untuk pasar Amerika Latin, yang mungkin ditawarkan di tempat lain. R1 versi biru menawarkan motor dengan konsep yang disukai di Eropa saat ini, tapi dengan bellypan hitam, roda putih dan hitam.

Pada sektor teknis, motor ini tidak banyak berubah. Hanya kekurangannya pada sisi elektronik dengan teknologi tinggi. Saat para pesaingnya menampilkan kontrol traksi, rem ABS dan disesuaikan dengan teknologi lainnya.

Spesifikasi pendahulunya, YZF-R1 2011, menggunakan mesin dengan tipe 998cc, liquid-cooled 4-stroke DOHC 16 valves (titanium intake valves). Bore x Stroke 78.0mm X 52.2mm dengan rasio kompresi 12.7:1.

Spesifikasi YZF-R1 2011
Type: 998cc, liquid-cooled 4-stroke DOHC 16 valves (titanium intake valves)
Bore x Stroke 78.0mm X 52.2mm
Compression Ratio: 12.7:1
Fuel Delivery: Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
Ignition: TCI Transistor Controlled Ignition
Transmission: 6-speed w/multiplate slipper clutch
Final Drive: #530 O-ring chain

Yamaha YZF-R6 2011

Yamaha R6
Motor Yamaha YZF-R6 2011 terbaru dan keren ini di kabarkan tidak akan dikeluarkan oleh Yamaha sampai tahun 2012 mendatang, entah apa alasan pastinya namun dari beberapa sumber yang saya temukan ada beberapa fitur dan spesifikasi yang sudah di sebutkan diantaranya desainnya yang ala MotoGP dan dengan teknologi terbaru namanya Yamaha Chip Control Throttle, dengan konsumsi bensin mencapai 17kpl/48mpg. Dengan mesin 599cc, 4 silinder, 16 katup dari titanium dan pendingin cair, Bore x stroke-nya 62 x 42,5 dan ditambah dobel Injektor cukup membuat motor ini menjadi idaman.

Name:  Yamaha YZF-R6 2011.jpg
Views: 3257
Size:  56.4 KB

Injektor sekunder akan beroperasi lewat 12 lubang pada rpm 6000 sampe 7000 sampe pada top speed, dan yang tidak kalah menarik adalah fitur Yamaha Chip Control Throttle (YCC-T), fitur ini berkolaborasi dengan Throttle Positiion sensor (TPS) dan mengontrol katup gas secara elektronis untuk respon dan kontrol pada RPM tinggi bahkan cuma perlu 0,3 detik untuk sistem pengontrolan RPM dari tinggi ke rendah dan sebaliknya.


Fitur tambahan lainnya yang dihadikan adalah EXUP (Exhaust Ultimate Power Valve) yang bisa memaksimalkan penikungan dan kestabilan dalam kecepatan tinggi dan Air Injection System (AIS) yang menyuntikan udara segar untuk mengoptimalkan pembakaran dan mengurangi emisi gas buang macam HC dan CO. Dobel sok adjustable sudah diaplikasikan di motor ini, bedanya yang belakang pake monocross, cukup nyaman, apalagi tangki yang pas dengan postur tubuh rata-rata dengan kapasitas BBM 17, 5 liter dan cadangan 3,5 liter.


Spesifikasi Yamaha R6
Engine
Type : 599cc liquid-cooled inline 4-cylinder; DOHC, 16 titanium valves
Bore x Stroke : 67.0 x 42.5mm
Compression Ratio : 13.1:1
Fuel Delivery : Fuel Injection with YCC-T and YCC-I
Ignition : TCI (Transistor Controlled Ignition)
Transmission : 6-speed w/multiplate slipper clutch
Final Drive : O-ring chain


Chassis
Suspension / Front : 41mm inverted fork; 4-way adjustable, 4.7-in travel
Suspension / Rear : Single shock; 4-way adjustable, 4.7-in travel
Brakes / Front : Dual 310mm floating disc; radial-mount 4-piston calipers
Brakes / Rear : 220mm disc; single-piston caliper
Tires / Front : 120/70-ZR17
Tires / Rear : 180/55-ZR17


Dimensions
Length : 80.3 in
Width : 27.8 in
Height : 43.1 in
Seat Height : 33.5 in
Wheelbase : 54.1 in
Rake (Caster Angle) : 24°
Trail : 3.8 in
Oil Capacity (with oil filter change) : 2.75 qt
Fuel Capacity : 4.5 gal
Fuel Economy : 40 mpg
Wet Weight : 417 lb


Other
Main Jet : Not Applicable
Main Air Jet : Not Applicable
Jet Needle : Not Applicable
Needle Jet : Not Applicable
Pilot Air Jet 1 : Not Applicable
Pilot Outlet : Not Applicable
Pilot Jet : Not Applicable
Primary Reduction Ratio : 85/41 (2.073)
Secondary Reduction Ratio : 45/16 (2.813)
Gear Ratio – 1st Gear : 31/12 (2.583)
Gear Ratio – 2nd Gear : 32/16 (2.000)
Gear Ratio – 3rd Gear : 30/18 (1.667)
Gear Ratio – 4th Gear : 26/18 (1.444)
Gear Ratio – 5th Gear : 27/21 (1.286)
Gear Ratio – 6th Gear : 23/20 (1.150)
Warranty : 1 Year (Limited Factory Warranty)

Yamaha YZF R125

Yamaha YZF R125
Mulai beredar di Eropa untuk menjegal kesuksesan dari Honda CBR R125, Yamaha R125 merupakan versi mini dari Yamaha YZF R1 maupun Yamaha YZF R6. Jika pesaing lain baru sebatas mereplika bodyworks pada desain motor cc kecilnya, tidak demikian dengan Yamaha YZF R125. Sekilas memang bodyworks mengambil total dari desain dua kakaknya, namun dengan versi dimensi yang lebih kecil, tapi tidak hanya itu saja, hampir sebagian besar fitur dari sang kakak juga turut diwariskan kedalam Yamaha YZF R125 ini.

Name:  Yamaha YZF R125.jpg
Views: 2995
Size:  29.9 KB

Misalnya, perhatikan indikator kecepatan yang sudah mengaplikasikan meter digital, dual headlight ciri khas spesies YZF lainnya, aplikasi rem brembo, desain stoplight yang sporty dgn system LED, footpeg bergaya racing, pasokan bensin dengan sistem injeksi, hingga desain muffler yang mengesankan karakter motor bermesin besar.


Untuk sebuah motor dengan kapasitas silinder hanya 125cc, fitur-fitur tersebut boleh dibilang sangat berlimpah. Kalau saja pabrikan Yamaha Indonesia turut memasarkan motor ini (tentu tanpa specdown), mungkin peta persaingan motor sport di Indonesia akan semakin ramai, bukan tidak mungkin bisa menyaingin Kawasaki lewat N250R-nya, namun mungkin permasalahannya adalah pada harga berapa motor ini akan dijual?


Untuk sebuah motor hobby/koleksi mungkin sebagian orang tidak terlalu memusingkan nilai harga, tetapi perlu diingat, Pabrikan tentu akan lebih mengutamakan pasar dengan pangsa terbesar (rentang harga 10 s/d 25 jt) dibandingkan pasar yang lebih kecil (rentang harga 30 s/d 50jt)


Spesifikasi :
mesin : 124.66 cc 4-valve SOHC fuel injection
exhaust system : ultra responsive
kompresi : 11.2:1
tenaga : 15 Hp di 9000rpm
sistem pendingin liquid cooled
transmisi : 6 percepatan
berat isi : 138 kg
deltabox : aluminium
lengan ayun : telescopic
single swingarm
Pelek : alloy palang lima bertipe double spoke
ban ukuran 100/80-17 F, dan 130/70-17 R.
Kaliper keluaran brembo
Diameter disk : 292mm F, dan 230mm R.

Yamaha YZF R15 Version 2.0

NEW DELHI - Yamaha India resmi sudah meluncurkan New YZF R15 Version 2.0. Di kelasnya motor sport full fairing ini akan langsung head to head dengan CBR150R.

Ditawarkan di Negeri Sari itu dengan harga sekitar Rp19,8 juta, R15 Version 2.0 menampilkan perubahan desain yang cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya.

Meski bentuk headlamp masih serupa pendahulunya, namun desain fairing dan buritan hadir lebih sporty. Apalagi kesan motor balap nan futuristik makin kental berkat penggunaan rear lamp jenis LED.

Yamaha juga merombak desain jok split dari R15 Version 2.0 ini, pun juga bentuk knalpot. Namun instrument cluster motor yang lebih berat 5 Kg dari versi lawasnya itu masih serupa R15 terdahulu.

Untuk kaki-kakinya, R15 Version 2.0 menggunakan aluminium swingarm pada suspensi belakang. Ini merupakan kali pertama yang diterapkan Yamaha India. Sedangkan untuk suspensi depan masih serupa dengan R15 sebelumnya.

Suspensi itu dipercaya masih mumpuni mengapit velg 5-spoke R17 yang dibalut ban 130/70 pada bagian belakang. Sementara urusan piranti keamanan dipasang rem cakram ganda pada ban depan serta belakang.

Dari sisi mesin, R15 Version 2.0 tetap mengusung jeroan berkapasitas silinder 149,8 SOHC 4-tak bertenaga 17 PS pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 15 Nm di 7.500 rpm.

Berikut spesifikasi teknis Yamaha YZF R15 Version 2.0:

Dimensi P x L x T : 1.970mm x 670mm x 1.070mm
Jarak Sumbu Roda : 1.345mm
Berat : 136 Kg
Mesin : 149.8cc Single Cylinder SOHC 4-valve Liquid Cooled 4-Tak
Bore x Stroke : 57 x 58.7mm
Kompresi Rasio : 10.4 : 1
Max Power : 17 PS/8.500 rpm
Max Torque : 15 Nm/7.500 rpm
Kapasitas tangki : 12 Liter
Fuel Supply : Fuel Injection
Rangka : Delta Box
Ukuran Ban : 90/80-R17 dan 130/70-R17
Rem : Cakram tanggal depan belakang
Suspensi : Telescopic dan Linked type monocross


Tidak ada komentar: